Inabicycle 2011 – Need to improve, a lot!

Sebuah acara pameran sepeda yang di klaim sebagai terbesar di Indonesia dan diadakan di lokasi utama JCC Senayan. Dari nama acaranya “Indonesia International Bicycle Exhibition” 26-29 may 2011 (www.indonesiabicycleshow.com), tentunya impresi pertama “wah, besar ni acara. pasti menarik!”.  Apalagi melihat jajaran logo brand yang di klaim akan ada di acara tsb. Menarik? nanti dulu…

Cerita dari awal dulu ya, dateng dihari pertama. Sekitar jam 6 sore, terlihat sangat ramai dilokasi. Wah… brarti animo nya bagus nih, jam segini udah rame. Ternyataaa…acara sepeda ini digabung dengan acara apa nusantara gitu… jadi di dalam satu venue ada 2 acara yang mao diliat dari segi apapun ngga nyambung…satu2nya hal yang sama cuma dinama acara ada kata “Indonesia”. Ok lah terima ajah…wong dateng tinggal liat2 aja masih protes :D. Masuk di section depan langsung terlihat booth nya SSR bandung. Nama lokal yang satu ini cukup terkenal di dunia sepeda terutama DH dan MX. Booth cukup menarik dengan dagangannya yang warna-warni. Disebelah nya ada Rocket, nama yang satu ini dari dunia Fixie.

Masuk ke hall utama, langsung terlihat Mercedez-Benz dengan booth-nya yang cukup megah dan juga line-up sepedanya.

salah satu exhibitor yang niat...

lalu juga ada Roda 2, paling niat menggarap booth nya, line-up yg ada juga lumayan mewakili dari mulai road-bike sampe DH.

roda2

dan sudah…selesai. Booth2 berikutnya sampai ujung gang, sangat biasa.

day 1.

Hal-hal basic yang gw berharap bisa ditemuin disebuah ‘exhibition” sama sekali ngga ada, seperti: Diskon, promo, line-up baru, demo produk, bisa nyoba sepeda, etc. Ngga ada tuh semua. Dan hampir setiap booth, tidak ada yang punya flyer yg berisi info produk dan juga para SPG nya seperti ngga ngerti apa yang mereka jual, ditanya apa jawabnya apa…

Dan juga variasi barang yang ada, terasa kurang. Selain sepeda gw juga mengharapkan bisa menemukan parts pendukung sepedahan, seperti; protector, helm, glove, etc yang ternyata sangat-sangat terbatas.

Satu hal yang langsung gw notice, tidak ada produsen sepeda lokal besar seperti; United, Polygon, WIM, dll dan juga toko sepeda lokal besar seperti; Rodalink, BAB, dll. Knapa ya? gw rasa waktunya yang kurang tepat. Para pemain besar lokal tersebut sedang sibuk untuk PRJ yg sebentar lagi akan mulai. Dimana disitu (PRJ) transaksi akan lebih berjalan. Soal waktu, knapa acara ini ngga dibuat disekitar bulan Agustus atau September dimana biasanya produsen2 mulai memperkenalkan product line-up terbaru mereka untuk tahun depan, selain jg PRJ udah kelar. Jadi akan lebih menarik melihat produk-produk yang ada.

Satu-satu nya hal yang menarik adalah; Fox memamerkan line-up 2012 shock mereka. Dengan Kashima coating yang lebih ‘sangar’ dan grafis yang baru, sudah pasti produk-produk ini jadi incaran di ahir taun ini. O iya di booth Fox ini langsung dikawal oleh perwakilan dari singapore yang hanya bisa berbahasa inggris dan sangat mendetail ketika menerangkan spek produk serta inovasinya.

2012 line up

Dan ada booth2 produsen parts dari Cina, yang gw rasa rada salah tempat…sepertinya target mereka adalah B2B (business to business) bukan end-users yang menjadi target pameran.

koh... toko blom buka?

cek toko sebela dah...

Sayang aja…sebuah acara yg memakai kata international ngga digarap dengan bagus. Kayanya sang ‘eo’ ngga’ punya insight yang bagus tentang sepeda dan industrinya, cuma berdasarkan ‘trend’ yang sedang ada. Masih lebih seru pasar sepeda Jpg atau TaKo :D…ini menurut saya loh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: