Emergency Trick #1

Tidak bisa dihindari, suatu waktu pasti akan datang situasi seperti ini. Situasi darurat yang memerlukan sedikit kreatifitas dalam solusinya. Ini terjadi ketika posisi bener-bener diatas gunung ditengah hutan, dan gw baru sadar kalau 1 dari 2 baut dudukan kaliper rem blakang gw ntah gimana . . .hilang! dan ngga bawa baut cadangan! Kondisi berbahaya kalo diteruskan jalan.
Setelah menimbang dan memikirkan masukan dari orang-orang (pada saat itu gw jalan ber 7), ahirnya diputuskan untuk melakukan hal berikut:

-Mencopot 1 dari 4 baut stem, yang akan dipakai sebagai pengganti baut dudukan kaliper. Dengan pertimbangan 3 baut sisanya masih kuat untuk menahan handlebar. Dan juga ukurannya sama dengan baut dudukan kaliper tapi sedikit lebih panjang. Sedikit tips, kenapa dari 4 baut itu diambil yang atas? Alasannya, gw masih akan bisa merasakan kalau stem-nya akan kendor, tapi kalau baut bawah yang diambil gw ngga akan bisa ngerasain stem kendor atau tidak, yang ada handlebar akan langsung ‘melintir’. Hal yang tidak boleh terjadi bila bermain offroad.

. . . ambil yang atas

-Setelah baut stem diambil, langsung dipakai sebagai pengganti baut yang hilang. Karena baut stem lebih panjang, maka baut tidak bisa masuk semuanya karena akan nyangkut ke rotor/disc rem. Untuk ngakalin agar sibaut tidak kendur/mudah copot, gw pakai tensoplast (ini pasti ada yg bawa). Dan ngga lupa untuk menyetel ulang rem.

 . . . sepedanya luka . . .

 

Solusi ini bisa bertahan dengan aman sampai ke titik awal gw brangkat. Sebagai ilustrasi, kejadian-nya terjadi di “rumah nyamuk” (bwat yang suka maen ke RA ngambil jalur Ngehe pasti tau tempat ini) dan dengan solusi darurat ini bisa aman sampai gadok. Jalurnya yang dilewati variasi dari mulai akar, lumpur, batu lepas, turunan dan tanjakan.

Pelajaran penting: Jangan pernah lupa untuk mengecek keadaan sepeda (angin ban, semua baut yang ada, rante dan rem) sebelum maen.

Thanks to: Nickotanudjiwa

 

-Have Fun & Respect Nature-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: