Riding 101

Ok. Sepeda udah ada, temen bwat genjot udah dapet sekarang tinggal naekin sepeda dan genjot yang kenceng. Stop, nanti dulu.

Ada beberapa hal penting mendasar yang musti kita tau. Mungkin hal-hal ini bwat beberapa orang udah basi, udah tau . . . tapi bwat yang blom tau semoga berguna, terutama yang mao maen off-road.

Ini ada beberapa hal-hal dasar yang gw pelajari selama maen MTB:

1. Komit sama jalur yang dipilih, tapi jangan nekat.

Jangan ragu, selalu siap dengan apapun obstacle yang ada didepan. Biasanya begitu kita merasa sedikiiit aja kita ragu, kejadian selanjutnya suka ngga’ enak. Mental berpengaruh ke otak. Ngga bermaksud nge-doain yang jelek-jelek. Selalu siap, aware dengan keadaan di depan. Terutama di DownHill, diperlukan konsentrasi yang cukup tinggi. Tapi, kita juga harus bisa mengukur kemampuan kita sendiri. Jangan nekat ngga pake perhitungan. Kita masih mao maen sepeda untuk waktu yang lama kan?

2. Selalu berfikir 2 langkah kedepan.

Jangan terlalu fokus dengan apa yang ada didepan ban. Lihat jauh trek kedepan juga diperlukan, ini akan memberi lo bayangan kira-kira selanjutnya harus apa.

3. Fokus ke trek, bukan temen didepan.

Bila jalan dalam grup, jangan melihat ban belakang sepeda temen. Lihat trek di depannya. Sekali lagi, ini memberi kesempatan untuk kita bereaksi terhadap apapun.

4. Turunin Sadel.

Bwat yang maen XC, jangan lupa nurunin seat-post begitu ketemu turunan yang curam. Posisi badan akan jauh lebih enak untuk mengendalikan sepeda di turunan. Sering gw ngeliat orang maen di trek All-Mountain tapi tetep dengan setingan XC (seat-post tinggi). Hal ini bisa berbahaya, karena seat-post/sadel tinggi bisa ‘mendorong’ lo ngelewatin handlebar sewaktu-waktu pada saat turunan. Kalo seat-post rendah, lo akan dengan mudah untuk ‘naro’ badan dibelakang. Lagian, lebih gampang mengatur badan pada saat jatuh ke belakang dibanding terbang ngelewatin handlebar.

5. Jangan terlalu keras menggenggam.

Genggam apa niih? . . . Handlebar tentunya. Karena ini akan membuat badan bagian atas terlalu tegang dan hasilnya kita akan cepet cape’.

Jadi musti kaya gimana megangnya? . . . bayangin kita menggandeng tangan pasangan kita. Ngga membuat tangan pasangan sakit tapi masih cukup tenaga untuk mengarahkan kemana akan kita bawa :D.

6. Jempol dibawah.

Jangan sekali-kali naro jempol tangan kita di atas handlebar. Karena akan dengan mudah kita kehilangan keseimbangan, bila tiba-tiba melewati jalan yang tidak rata.

7. Santai. Jangan tegang.

Ingat untuk sedikit membengkokkan siku dan bikin bahu untuk selalu santai/fleksibel. Di MTB, badan kita (terutama siku dan dengkul) juga berfungsi sebagai peredam, selain fork dan rear-shock kita.

Nah, sekarang ambil sepeda lo, genjot dan nikmati.

Have Fun & Respect nature

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: